Mudahnya Merawat Karpet Agar Lebih Awet.



Kebiasaan mempercantik tampilan lantai dengan memakai karpet hampir dilakukan oleh setiap orang. Motifnya yang beraneka warna mempermudah kita dalam memilih mana yang sesuai dengan ruangan. Penggunaan karpet sebagai aksesoris dekorasi juga bisa dibilang relatif murah jika dibandingkan dengan kesan yang mampu diciptakannya.
Di balik tampilannya yang anggun, ternyata karpet mudah kotor. Penyebab pertama, tentu karena karpet berfungsi sebagai alas sehingga menjadikannya tempat mendarat bagi makanan, minuman, dan debu yang berjatuhan. Penyebab kedua karena karpet umumnya terbuat dari kain membuatnya mudah menyerap air, kotoran, minyak, dan tumpahan yang ada di sekitarnya.
Ukurannya yang besar sering membuat kita malas memperhatikan kebersihan karpet. Lebih-lebih karena karpet berfungsi juga sebagai hiasan, maka kita tidak ingin pesonanya memudar. Sehingga bingung sendiri bagaimana cara merawatnya yang benar.
Agar Anda tidak ragu lagi, kami HJCLEAN punya tipsnya :
Berikut ini 4 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas karpet :
  1. Letakkan karpet pada posisi yang tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari yang mengenai permukaannya secara terus-menerus bisa menyebabkan warna karpet cepat memudar.
  2. Bersihkan karpet dua hari sekali dengan vacum cleaner. Penggunaan alat penyedot debu ini memungkinkan kebersihan karpet selalu terjaga.
  3. Baking soda mampu menghilangkan bau pada karpet. Caranya taburkan baking soda ke seluruh permukaan karpet secara acak. Selanjutnya tunggu kira-kira 1 jam. Jangan lupa setelahnya Anda bisa membersihkan sisa-sisa baking soda ini dengan vacum cleaner.
  4. Ubah posisi karpet secara berkala setiap sebulan sekali. Dengan cari warna karpet tidak akan memudar sebelah.
Untuk perawatan yang lebih maksimal, Anda perlu mencuci karpet setiap 6 bulan sekali tergantung tingkat kebersihannya. Adapun tata cara mencuci karpet adalah sebagai berikut :
1. Persiapan Awal
Sebelum Anda membersihkan karpet, Anda perlu menyiapkan tempat dan peralatan yang diperlukan. Sebenarnya, peralatan mencuci karpet hampir sama seperti saat kita mencuci baju. Kita memerlukan sabun deterjen dan pelembut kain. Apabila Anda memiliki produk pembersih khusus karpet pun bisa ikut disertakan juga.
2. Proses Pembersihan Karpet
Pertama-tama pastikan karpet telah bersih dari debu yang menempel. Ini dimaksudkan agar pencuciannya nanti akan terasa jauh lebih mudah. Untuk itulah, Anda perlu bantuan vacum cleaner. Setelah itu, siramkan air bersih ke permukaan karpet untuk membasahinya. Gosok secara perlahan dengan bantuan sikat halus dan deterjen ke seluruh permukaan karpet. Lalu bilas dengan air bersih. Usapkan cairan pelembut pada seluruh permukaan agar karpet tetap lembut di kaki. Lalu bilas dengan air bersih sekali lagi.
3. Penjemuran Karpet
Setelah tahap pencucian selesai dilakukan, Anda bisa membawa karpet ke luar ruangan. Usahakan jangan menjemur karpet di bawah terik matahari karena bisa merusak bahannya. Penjemuran cukup dilakukan di teras rumah atau di bawah teduh pohon.

Komentar

Postingan Populer